Jenis-Jenis Luka Yang Harus Kita Tahu

Banyak orang panik ketika mengalami luka padahal mungkin luka yang mereka alami tidak begitu serius atau justru tenang-tenang saja padahal luka yang mereka alami serius dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Kita harus mengetahui jenis-jenis luka agar kita bisa mengetahui penanganan apa saja yang cocok untuk luka kita. Mari kita simak jenis-jenis luka berikut ini:

Jenis-Jenis Luka Yang Harus Kita Tahu

Jenis-Jenis Luka1. Luka Robek
Jenis luka ini disebabkan benturan dengan benda tumpul. Ciri-cirinya luka tidak merata dan bisa menyebabkan infeksi ringan pada kulit.
2. Luka Lecet
Luka lecet sering terjadi ketika kita mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor atau kendaraan lain. Luka ini menyebabkan kulit kita menjadi terbuka tergantung seberapa parah luka lecet yang terjadi
3. Luka Tusuk
Luka tusuk terjadi ketika kulit kita tertusuk benda tajam seperti pisau, gunting, cutter,dll. Bila kulit kita tertusuk terlalu dalam makan akan menimbulkan pendarahan serius dan harus mendapatkan perawatan medis secepatnya.
4. Luka Konstusio
Luka ini terjadi ketika kita mengalami benturan dengan benda keras, biasanya terjadi memar pada kult dan ini merupakan jenis luka tertutup. Biasanya luka seperti ini akan sembuh dengan sendirinya tapi tetap memerlukan perawatan agar luka memar tersebut bisa cepat sembuh.
5. Luka Sayat
Jenis luka ini di sebabkan karena sayatan benda tajam seperti pisau atau jarum. Jika sayatan tidak terlalu dalam maka luka ini tidak terlalu serius namun bila cukup dalam maka perlu mendapatkan perawatan medis secepatnya.
6. Luka Tembak
Biasanya luka jenis ini disebabkan karena tembakan senapan. Ciri-cirinya pada sekitar luka terdapat wana kehitam-hitaman dan kontur luka tidak teratur.
7. Luka Gigitan
Luka gigitan biasanya disebabkan oleh manusia / hewan dan sangat rentan terkena infeksi. Dampak luka tergantung pada bentuk kontur gigi sang penggingit.
8. Luka Tembus
Luka jenis ini merupakan luka tembus/ luka jebol. Biasanya dikarenakan oleh anak panah, tombak. Luka ini bisa berdampak serius pada kulit kita karena melewati seraput serosa/ ephitel organ jaringan kulit kita.
9. Luka terpotong
Luka terpotong dikarenakan benda tajam seperti pisau, gergaji, pedang. Luka berbentuk lingkaran sesuai dengan apa yang dipotong. Luka ini akan menyebabkan pendarahan hebat dan resiko infeksi yang tinggi pada kulit bila tidak segera di rawat.
10. Luka Bakar
Luka bakar sering terjadi pada kulit kita. Biasanya kulit kita terkena knalpot, api. Luka bakar ringan bisa diobati dengan salep kulit, tapi bila luka bakar serius harus segera ditangani karena bisa membuat sel kulit kita rusak dan menimbulkan bekas yang menganggu pada kulit.

Ternyata jenis-jenis luka itu banyak ya sobat. Tapi lebih baik jika kita tidak mengalami luka tersebut dengan cara lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitas dan bila kita mendapatkan luka yang serius segeralah periksakan ke dokter.

Bila luka kita ringan saja, maka cukup lakukan perawatan standar seperti dicuci dengan air, diberi obat merah, dan diplester. Ketika luka sudah sembuh, jangan khawatir akan adanya bekas karena sekarang ada obat untuk menghilangkan bekas luka yaitu Meilibahenling. Penasaran? CARI TAHU TENTANG SALEP MEILIBAHENLING DISINI

Leave A Comment...

*