6 Tips Perawatan Luka – Tak Perlu Ke Dokter

Banyak orang yang sangat menjaga badannya, mereka berusaha agar dirinya tidak terluka atau bahkan tergores. Namun sering kali kita lengah sehingga kita mengalami luka, seperti terkena pisau, jarum, terbentur benda keras, kena knalpot, dll. Lucunya, banyak orang yang terlalu panik dan langsung memeriksakan luka mereka pada dokter karena rasa khawatir pada tubuh mereka, namun tahukan Anda bahwa dokter memberikan biaya yang cukup mahal hanya untuk luka kecil saja.

Di bawah ini kami mencoba memberikan 6 tips perawatan luka yang bisa dilakukan sendiri. Mari kita simak :

6 Tips Perawatan Luka Tanpa Ke Dokter

Tips Perawatan Luka

1. Perawatan luka bakar jangan menggunakan odol / mentega
Seringkali ketika kita mengalami luka bakar ringan (ex: terkena knalpot) kita akan langsung mengolesi luka kita dengan menggunakan odol / mentega, padahal mengolesi dengan dengan odol/mentega tidak terlalu memberikan hasil malah semakin memperburuk luka kita. Perawatan pertama pada luka lebih baik di cuci terlebih dahulu dan diplester. Tunggu hingga luka mengering dan menjadi kulit baru.

2. Jangan mencabuti luka yang kering
Proses penyembuhan luka gampang terlihat, ciri-ciri nya luka menjadi kering dan gatal. Kita sering kali tidak sabar dan mencabut luka tersebut. Mencabut luka itu tidak boleh dilakukan karena bisa merusak lapisan kulit baru yang akan tumbuh di bawah bekas luka tersebut. Tunggu saja sampai luka yang kering mengelupas secara alami.

3. Kulit eksim tidak boleh menggunakan salep jamur
Eksim sering kali disamakan dengan penyakit jamur. Namun eksim bukanlah jamur melainkan suatu penyakit kulit yang berbeda. Jika eksim di beri salep jamur maka hasilnya tidak akan menyembuhkan luka kita. Karena itu carilah obat yang sesuai dengan jenis luka kita.

4. Penyakit kulit basah jangan di berikan salep
Seringkali luka kulit yang basah kita berikan salep agar kulitnya bisa cepat sembuh, namun cara tersebut kurang tepat dilakukan. Cara yang tepat adalah mengkompres luka kita dengan air.

5. Jangan lanjutkan pemakaian obat bila hasilnya tidak kunjung sembuh
Ketika luka pada kulit tidak juga sembuh, kita sering kali menggunakan obat terus menerus dengan tujuan agar luka kita cepat sembuhnya. Bila luka kita tidak kunjung sembuh padahal penggunaan obat sudah rutin itu berarti obat yang kita gunakan tidak tepat dan kita harus mencari obat pengganti yang tepat dengan jenis luka kita.

6. Reaksi alergi pada kulit tidak memerlukan obat / cream
Seringkali kulit kita mengalami alergri seperti kulit kemerahan, bentol-bentol, dll. Banyak orang langsung menggunakan obat/cream untuk menyembuhkanya. Padahal kita cukup mendiamkanya maka alergi tersebut akan hilang. Tidak harus menggunakan obat/cream.

Bagaimana dengan tips perawatan luka di atas teman-teman? Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Kita boleh menjaga tubuh kita dan itu memang di wajib dilakukan tapi bila kita mengalami luka jangan panik dan ketahuilah apa yang harus sobat lakukan pada luka tersebut.

Untuk bekas luka yang sudah mengering, teman-teman bisa mencoba Meilibahenling. Lotion ini efektif menyamarkan bahkan menghilangkan bekas luka. KLIK DISINI u/ Info Lebih Lengkap.

 

Leave A Comment...

*